1mCxhOPmzFiNEIpJMVgyT0jntM7NPqtCp3CuMVFe
Hosting Unlimited Indonesia

Filsafat Ilmu Pemerintahan

Filsafat Ilmu Pemerintahan
Terdapat perbedaan pandangan dari beberapa ahli tentang apa itu, objek, kajian dari Ilmu Pemerintahan. Pada umumnya, Ilmu Pemerintahan dikenal sebagai ilmu yang mempelajari tentang hubungan pemerintah dengan yang diperintah.Kajian secara filsafat ini mencoba menjawab itu semua. Dengan melihat Ilmu Pemerintahan melalui landasan ontologi, landasan epistemologi, dan landasan aksiologi akan diperoleh kahekat dari Ilmu Pemerintahan secara utuh.

Kajian secara filsafat pada dasarnya ingin menjawab hakekat dari ilmu itu sendiri. Kajian ilmu secara filsafat terbagi atas landasan ontologi, landasan epistemology, dan landasan aksiologi. Landasan ontologi akan menjawab objek apa yang ditelaah oleh ilmu. Ini akan menjawab bagaimana wujud hakiki dan objek, bagaimana hubungan antara objek dan daya nalar manusia yang membuahkan pengetahuan.

Landasan epistemologi akan menjawab bagaimana proses terjadinya ilmu tersebut. Landasan aksiologi akan menjawab apa manfaat dari ilmu yang dimaksud.

Garna menjelaskan bahwa untuk membedakan jenis pengetahuan yang satu dengan yang lain maka perlu diajukan pertanyaan apa yang dikaji ilmu pengetahuan itu (ontologi), bagaimana cara memperoleh penge- tahuan itu (epistemologi) dan untuk apa pengetahuan itu digunakan (aksio- logi).

Jawaban dari ketiga pertanyaan tersebut akan dapat membedakan berbagai jenis pengetahuan dalam kehidupan manusia (agama, seni, dan ilmu) dan meletakan pengetahuan tersebut pada tempatnya.

Landasan Ontologi Ilmu Pemerintahan

Landasan Ontologi merupakan wujud hakiki, kahekat dari objek yangdiamati/dikaji/ditelaah oleh ilmu pengetahuan yang dimaksud. Berdasarkan pengertian Ilmu Pemerintahan yang dikemukakan oleh beberapa ahli di atas, maka dapat kita lihat bahwa terdapat perbedaan antara objek forma dari Ilmu Pemerintahan.

Landasan Epistemologi ilmu Pemerintahan

Epistemologi merupakan proses dalamEpistemologi merupakan proses dalam memperoleh ilmu pengetahuan yang dimaksud. Mengkaji Ilmu Peme- rintahan secara epistemologi dapat di- lakukan melalui perkembangan Ilmu Pemerintahan itu sendiri. memperoleh ilmu pengetahuan yang dimaksud. Mengkaji Ilmu Peme- rintahan secara epistemologi dapat di- lakukan melalui perkembangan Ilmu Pemerintahan itu sendiri.

Landasan Aksiologi Ilmu Pemerintahan

Landasan aksiologi adalah man- faat/guna/fungsi dari ilmu pengetahuan yang dimaksud. Landasan aksiologi Ilmu Pemerintahan merupakan man- faat/guna/fungsi dari Ilmu Peme- rintahan itu sendiri.

Related Posts
Randa Septa Saputra
I am an Indonesian student majoring in governmental science. I studied at 45 Islamic universities in Bekasi

Related Posts

Posting Komentar

Hosting Unlimited Indonesia